Con tecnología de Blogger.

viernes, 25 de enero de 2013

Tag:

APA ITU BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


Sebelumnya apakah definisi dari belajar itu sendiri?
Setelah saya membaca, mempelajari dan memahami berbagai definisi belajar dari beberapa buku yang saya miliki. Saya menyimpulkan bahwa belajar dapat diartikan sebagai proses yang ditandai adanya perubahan pada diri seseorang yang terjadi karena hasil pengalaman, latihan-latihan dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif melalui penambahan, perluasan dan pendalaman pengetahuan, nilai dan sikap serta ketrampilan, dimana perubahan tersebut relatif menetap dan bertahan lama. Perubahan dapat diindikasikan dalam pengetahuan & pemahaman (kompetensi), sikap & tingkah laku (sikap), kecakapan, ketrampilan & kemampuan (ketrampilan). Dan perubahan tersebut memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat baik tradisonal maupun modern.
Bagaimana proses belajar individu? Sebelum melangkah ke pertanyaan tersebut kita definisikan dahulu apa itu proses belajar?
Proses berarti cara-cara atau langkah-langkah khusus yang dengannya beberapa perubahan ditimbulkan hingga tercapainya suatu hasil tertentu atau tujuan tertentu.
Proses belajar dapat diartikan sebagai tahapan perubahan perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor yang terjadi dalam diri siswa.
Proses belajar dapat terjadi melalui banyak cara baik disengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju pada perubahan pada diri pembelajar.
Apa tujuan belajar?
Tujuan belajar adalah perubahan tingkah laku meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dan berupa kompetensi, ketrampilan dan sikap.
Lalu apa itu pembelajaran?
Pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk memungkinkan terjadinya proses belajar yang dirancang, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut secara aktif, efektif dan inovatif.
Pembelajaran mempunyai variabel yaitu (1)kondisi pembelajaran(conditions), (2)strategi pembelajaran(methods), (3)hasil pembelajaran(outcomes).
Sebenarnya apa sih tujuan dari pembelajaran?
Dalam proses pembelajaran, guru harus menetapkan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Secara teoritis tujuan pembelajaran dibagi atas 3 kategori yaitu: (1)tujuan pembelajaran ranah kognitif,(2)tujuan pembelajaran ranah afektif,(3)tujuan pembelajaran ranah psikomotor. Adanya perbedaan tujuan pembelajaran akan berimplikasi pula pada adanya perbedaan strategi pembelajaran yang harus diterapkan. Tujuan pembelajaran tidak dapat diabaikan guna mencapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran.
Bagaimana seseorang dapat dikatakan telah belajar?
Seseorang dikatakan telah belajar apabila seseorang tersebut telah mengalami perubahan perilaku sesuai dengan apa yang dipelajari dan bersifat orisinil, menetap, dan bertahan lama.
Bagaimana keefektifan pembelajaran?
Keefektifan pembelajaran adalah hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses pembelajaran.
Suatu pembelajarn dikatakan efektif apabila memenuhi persyaratan utama keefektifan pembelajaran, yaitu:
(1) Presentasi waktu belajar siswa yang tinggi dicurahkan terhadap KBM
(2) Rata-rata perilaku melaksanakan tugas yang tinggi diantara siswa
(3) Ketetapan antara kandungan materi ajae dengan kemampuan siswa diutamakan
(4) Mengembangkan suasana belajar yang akrab dan positif, mengembangkan struktur kelas yang mendukung butir (2) tanpa mengabaikan butir (4)

About Cafeine and Coffee

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 comentarios:

Publicar un comentario

 

Video of the Day